03 April 2015

Fakta Tentang Lulusan Pusdiklat Migas Cepu.

Pusdiklat Migas merupakan salah satu unit kerja departemen energi dan sumberdaya mineral. Tugas pokoknya adalah mendidik sumberdaya manusia indonesia di sub sektor migas, baik hulu maupun  hilir agar dapat bersaing di dunia international. Pusdiklat Migas menyediakan sarana diklat dan peraga yang komplet dan sesuai di lapangan. Para peserta dapat berasal dari PSC ataupun masyarakat umum yang berminat.

selain bidang diklat migas, di Pusdiklat migas juga memiliki sub bidang sertifikasi dimana sudah diakui di dalam dan luar negeri. diantaranya adalah sertifikasi bidang pemboran (operator lantai bor/OMB, de el el) dan sebagainya.


Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Minyak dan Gas Bumi Cepu, di Cepu, Jawa Tengah, menghasilkan ribuan tenaga siap kerja di industri sektor migas setiap tahunnya. Saat ini lulusan Pusdiklat ini banyak dicari perusahaan-perusahaan migas dari luar negeri, khususnya Timur Tengah.
Hal tersebut diakui berkat kompetensi lulusan Pusdiklat Migas Cepu yang mampu bersaing dengan tenaga kerja asing. Dari yang tidak tahu apa-apa, peserta Pusdiklat Migas Cepu setelah keluar nanti dijanjikan siap kerja di berbagai industri migas.
Hal itu berkat program pelatihan yang diselenggarakan Pusdiklat Migas Cepu bersifat taylor made. Artinya, jenis pelatihan, kurikulum, dan durasi pelatihan disusun bersama dengan industri migas yang memanfaatkan lulusan-lulusan pusdiklat tersebut nantinya.

Terdapat 15 unit kompetensi di bidang migas yang dapat dipilih oleh para peserta pelatihan. Unit kompetensi favorit di Pusdiklat Migas Cepu adalah studi sebagai operator pengeboran migas dan opeator crane (mobil alat bantu angkat).
Sejak tahun 2003 hingga 2008 Pusdiklat telah menghasilkan lebih dari 10ribu lulusan yang siap bekerja di berbagai industri migas. Saat ini rata-rata per tahun Pusdiklat Migas Cepu meluluskan 2.500 orang yang diantaranya juga peserta berasal dari lar nergi seperti Kamboja, Laos, Vietnam, Filipina, hingga dari negara-negara Afrika.

Keahlian-keahlian yang ditawarkan Pusdiklat Migas Cepu dinyatakannya juga telah sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia. Bahkan bagi peserta pelatihan yang ingin mendapatkan sertifikasi dari Lembaga Sertifikasi Profesi, Pusdiklat menyediakan program pelatihan yang diujikan untuk mendapat sertifikat tersebut.
Anak perusahaan ExxonMobil, Mobil Cepu Limited (MCL) turut mengakui kompetensi Pusdiklat Migas Cepu sebagai salah satu yang terbaik di dunia saat ini. MCL pada Desember 2009 lalu memberikan pelatihan gratis pada 300 orang lebih warga Tuban, Blora, dan Bojonegoro di Pusdiklat Migas Cepu menyatakan pusdiklat tersebut sebagai nomor 2 yang terbaik di dunia.

0 comments:

Post a Comment